6 Tips Sukses Membangun Bisnis Rumahan di Era Millenial

tips membangun bisnis rumahan

Tips sukses membangun bisnis rumahan ini perlu kita fahami walaupun ketika kita mendengar kata “Bisnis Rumahan” pasti kita menganggap bahwa hal itu kurang “Prestis”. Padahal jika mau menjalani dan mengembangkannya, potensi sebuah bisnis rumahan bisa menjadi sangat besar.

Jika kalian tahu, sebenarnya ada banyak perusahaan dunia yang hanya berawal dari bisnis rumahan namun mereka mampu membuatnya menjadi sangat besar karena dikelola dengan serius. Seperti google misalnya, dia berawal hanya dari sebuah bisnis di garasi rumah. Bukan Cuma itu, di indonesia juga ada perusahaan seperti Tokopedia, buka lapak dan kaskus yang mana merekea berhasil membuat kisah sukses padahal hanya berawal dari usaha rumahan. Semua itu layak kita jadikan sebagai contoh agar kita selalu termotivasi untuk melakukan hal yang serupa dan menjadikan itu sebagai tips sukses membangun bisnis rumahan versi kita.

Saat ini segala sesuatu memang sudah menjadi lebih mudah dengan adanya kemajuan teknologi yang semakin berkembang pesat. Hal itu juga membuat banyak orang semakin tertarik dengan bisnis yang satu ini.
Jika anda amati, dari berbgai macam forum dan group bisnis online di facebook, kaskus dan lainnya ada banyak sekali member-member yang bahkan mereka melakukan transaksi dengan nominal yang cukup fantastis.

Dalam sebuah bisnis, tentu saja tidak semua pebisnis selalu menemui kesuksesan dalam merintis usahanya. Ada banyak sekali faktor atau penyebab yang menyebabkan semua itu terjadi seperti tidak adanya perencanaan, manajemen yang kurang dan masih banyak yang lainnya.
Namun, anda tidak perlu khawatir, karena kita bisa meminimalisir kegagalan-kegagalan itu dengan belajar dari kesalahan orang lain. ( Baca juga : 5 penyebab kegagalan dalam sebuah bisnis )

Nah, kemudian apa saja hal-hal yang perlu kita lakukan untuk membangun bisnis rumahan kita?
Simak 6 tips sukses membangun bisnis rumahan dibawah ini :

Tips Sukses Membangun Bisnis Rumahan

Mulai dan Lakukan Saja

Terkadang sebelum memulai dan menjalankan usaha, ada banyak sekali hal-hal yang dipikirkan oleh calon pebisnis rumahan. Mulai dari urusan modal, pengelolaan sampai laku tidaknya sebuah produk.
Berbagai macam analisa yang dilakukan ini justru terkadang akan membuat sebuah usaha gagal dijalankan atau dibuka karena takut ada yang minus. Karena itulah, tips sukses membangun bisnis rumahan yang paling utama adalah “Mulai dan Lakukan Saja”.

Atur Diri Sendiri

Ketika anda berhasil mengatur diri anda sendiri, maka anda akan pasti akan medapatkan kemudahan untuk menjalankan tahap-tahap yang selanjutnya. Displinkan diri anda, karena hal ini sangat berpengaruh pada apa yang akan anda kerjakan.
Membiasakan untuk membuat job desk kemudian periksa hal-hal apa yang sudah anda kerjakan. Akan mempermudah anda dalam melakukan setiap pekerjaan yang anda lakukan setiap harinya.

Buatlah Sebuah Tim

Segala bentuk usaha yang dilakukan pasti sangat rentan dengan sebuah kegagalan. Besarnya godaan seperti ingin cepat besar, usaha ta kunjung berkembang dan naik atau turunnya penjualan bisa membuat seseorang frustasi.
Karena itu anda perlu membuat tim yang baik, berjalan dan bekerja sendiri sangat rentan membawa anda pada keputus asa-an. Maka, akan jauh lebih baik jika anda membuat tim dengan keahlian yang berbeda-beda agar bisa saling melengkapi. Tim itu bisa berasal dari teman atau bahkan keluarga anda sendiri.
Namun, anda juga perlu memperhatikan siapa yang akan menjadi partner atau tim anda. Jangan sampai anda salah pilih dan akhirnya bisa membawa usaha anda pada kehancuran karena sering terjadi perbedaan pendapat ataupun yang lainnya.

Buatlah Linkungan Kerja yang Baik

Budaya dalam sebuah perusahaan memiliki nilai plus tersendiri untuk kelangsungan perusahaan itu kedepannya. Maka, mulailah bangun budaya dalam usaha rumahan anda. Infrastruktur pendukung seperti peralatan kantor dan perilaku karyawan juga berpengaruh pada lingkungan kerja.
Tak perlu berlebihan sampai menguras isi dompet, cukup sesuaikan saja dengan keuangan yang anda miliki. Melakukan sedikit perubahan semisal membuat desain ruangan kerja yang nyaman bisa membawa perubahan pada sebuah lingkungan kerja.

Jangan Bekerja Dirumah

Maksud dari kalimat “Jangan bekerja di rumah” bukan berarti anda diharuskan untuk membuat tempat atau gedung baru sebagai tempat untuk anda menjalankan usaha. Tapi, rubahlah mindset anda walaupun anda dan tim anda bekerja di rumah namun tekankan bahwa sebetulnya anda sedang bekerja di sebuah kantor.
Bekerja dirumah sendiri memang mebawa kemudahan dan keleluasaan di setiap pekerjaan. Tapi, perlu diingat bahwa ada banyak pelaku usaha rumahan yang terlena karena terlalu santai sampai akhirnya banyak pekerjaan yang dilewatkan. jadit, ubah mindset anda, karena masa depan sebuah usaha tergantung bagaimana sikap dan pola pikir pemiliknya.

Berikan Produk Terbaik

Banyak sekali pebisnis pemula yang mengalami kebingungan karena saking banyaknya jenis usaha hingga tidak tahu usaha apa yang akan dibuka. Seolah-olah semua jenis usaha sudah digeluti oleh banyak orang, tinggal usaha apa yang akan dibuat dan mau mencontoh siapa.
Prinsip ATM ( amati, tiru, modifikasi) akan lebih baik jika dilakukan oleh calon pebisnis rumahan yang masih pemula daripada membuat bisnis atau usaha baru yang belum pernah diuci coba sebelumnya.
Tidak semua pebisnis pemula mampu membuat pilihan yang tepat saat memulai percobaan pertama. Anda harus jujur pada diri sendiri, sesuaikan dengan kemampuan dan apa yang anda sukai. Hal ini disebut dengan passion.
Yah, apapun yang sesuai dengan passion kita. Pasti kita akan senang dan ikhlas dalam menjalaninya.

Bisnis Rumahan Harus Melek Teknologi

Saat ini melek teknologi adalah wajib hukumnya bagi setiap pebisnis baru, walaupun skalanya masih kecil, sebuah usaha rumahan tetaplah harus menggunakan teknologi sebagai salah satu bagian dari kegiatan operasionalnya. Karena hal ini dapat meningkatkan daya saing dan mempermudah setiap proses yang dibutuhkan oleh usaha rumahan anda.

Berikut ini adalah beberapa teknologi masa kini yang dapat anda manfaatkan untuk membantu mengembangkan sebuah bisnis rumahan :

Sosial Media

Berbagai macam sosial media seperti whatsApp, BBM, Instagram, Facebook dan lain sebagainya adalah komunikasi online yang dapat anda manfaatkan untuk membantu pemasaran produk-produk dari bisnis rumahan anda. Walaupun bisnis anda berbasis dirumah. Tapi, hal itu tidak berarti bahwa anda harus terjebak di sekitar rumah saja.
Hanya dengan bermodalkan smartphone anda dapat mengakses semua jenis sosial media itu untuk membantu memperkenalkan usaha dan produk anda kepada orang banyak.

Website / Toko Online

Baca : Tahukah anda 85% bisnis yang tidak dikembangkan secara digital akan mati?

Hal ini tentu saja berkaitan dengan semakin berkembangnya internet disekitar kita. Orang tak perlu lagi datang langsung ke butik untuk membeli baju namun hanya tinggal “klik” dan barangpun akan sampai dirumah. Kita juga bisa melihat bahwa toko online seperti Buka Lapak, Shopee dan Tokopedia yang mampu berkembang begitu pesat padahal mereka tidak membuka toko secara offline. Karena itulah, salah satu cara untuk mebuat usaha rumahan anda semakin profesional ialah dengan membuat kantor anda secara online. Kini anda tak perlu lagi bersusah payah belajar membuat Website / Toko Online karena di indonesia sendiri sudah banyak sekali jasa pembuatan Website dan Toko online yang bahkan menawarkan jasanya dengan harga yang relatif murah.

Nah, itulah Tips Sukses Membangun Bisnis Rumahan yang dapat anda terapkan dalam bisnis anda.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *