9 Strategi Bisnis yang Wajib Anda Lakukan Untuk Mencapai Keberhasilan

strategi bisnis

strategi bisnis adalah hal yang amat sangat penting dan perlu disusun sedari awal. Semua yang menjadi sebuah tujuan tentu membutuhkan strategi agar tujuan tersebut bisa berjalan dengan baik dan menjadi kenyataan, begitu pula dalam membuat sebuah strategi bisnis. Lalu, apa sih strategi bisnis itu?

Strategi bisnis adalah langkah-langkah yang dilakukan oleh perusahaan dalam menentukan kebijakan, komitmen dan tindakan yang terorganisir serta dirancang guna membangun sebuah keunggulan yang dapat menjadi daya saing bisnis untuk mencapai tujuan bisnis.

Strategi yang dilakukan dalam dunia bisnis ini bertujuan untuk menentukan dan mengidentifikasi pasar, pelanggan, pesaing dan lain sebagainya.

Anda tentu sudah memahami betul bahwa dalam membangun sebuah bisnis tidak bisa asal jalan atau asal-asalan. Asal ada barang yang dijual, asal ada yang beli dan lain-lain. Karena, sebuah bisnis yang dibangun asal-asalan seperti itu tidak akan mendatangkan keuntungan yang maksimal atau bahkan “mati sebelum tumbuh”. ( Baca : 5 penyebab kegagalan dalam berbisnis )

Nah, untuk itulah anda perlu menyusun dan menentukan strategi yang baik, efektif dan efisien.

Jika anda masih bingung dalam menyusun dan menetukan strategi bisnis apa yang perlu dilakukan. Maka, sekarang anda sudah berhasil menemukannya. Berikut ini adalah 9 strategi bisnis wajib yang perlu anda lakukan dengan baik :

Strategi Bisnis

Lakukanlah Riset Terhadap Barang dan Pasar

Strategi yang perlu anda lakukan pertama kali adalah menentukan barang apa yang akan dijual dan pasar mana yang tepat untuk menjual barang tersebut. Hal ini untuk meminimalisir kemungkinan produk atau jasa yang anda jual kalah dalam bersaing karena begitu banyaknya penyedia dan jasa yang serupa, yang tentunya sudah lebih lama berdiri.

Anda tidak mungkin menjual baju padahal disekitar anda sudah banyak yang menjualnya. Mungkin anda tetap akan bisa menjual baju, namun kemungkinan kalah dalam bersaing sangat besar. Akan jauh lebih jika anda memilih produk atau jasa yang penyedianya masih jarang, namun dibutuhkan oleh banyak orang.

Nah, disinilah anda perlu memikirkan dan menentukan produk atau jasa tersebut. Kemudian, setelah anda menentukannya, sekarang anda harus menemukan target pasar yang tepat untuk produk atau jasa yang anda sediakan.

Carilah Apa yang Konsumen Butuhkan


Seperti yang sudah disampaikan diatas, bahwa anda perlu memikirkan dan menentukan produk atau jasa yang akan anda sediakan. Jika anda masih berfikir untuk membuka bisnis yang mendatangkan banyak keuntungan, maka ubahlah pola pikir itu sekarang juga !

Menjual produk atau jasa yang memiliki sedikit keuntungan namun bisa dipasarkan secara maksimal, akan jauh lebih baik daripada anda memaksakan menjual produk dan jasa yang memiliki banyak keuntungan namun tidak bisa dipasarkan secara maksimal karena tidak sesuai dengan apa yang konsumen butuhkan.

Karena itulah carilah dan temukan apa yang sebenarnya konsumen butuhkan, agar bisnis yang akan anda jalani dapat mendatangkan banyak keuntungan.

Berfikir Kreatif dan Munculkan Inovasi Baru

Berfikir kreatif dan penuh dengan inovasi adalah modal utama yang perlu dimiliki oleh seorang pebisnis. Karena itulah, anda perlu membekali diri dengan berbagai pengetahuan dan selalu menambah wawasan agar anda bisa memunculkan ide-ide baru.

Konsumen juga pasti akan selalu tertarik dengan sesutu yang baru dan belum ada sebelumnya, terlebih jika anda mampu menyediakan produk atau jasa yang sama namun dengan kualitas yang lebih baik. Selain itu, dengan berfikir kreatif dan inovatif, anda akan memiliki kemungkinan lebih besar untuk memenangkan persaingan dengan penyedia produk atau jasa lainnya. 

Lakukan Promosi yang Efektif

Setelah melakukan riset terhadap barang atau jasa dan pasar yang tepat, makan strategi selanjutnya adalah melakukan promosi yang efektif. Tentu saja, promosi adalah hal penting yang harus dilakukan oleh setiap pebisnis, agar bisnisnya dapat dikenal oleh banyak orang. Namun, jangan melakukan promosi yang asal-asalan karena itu hanya akan menjadi sia-sia. Lakukan sebuah promosi yang efektif.

Saat ini, melakukan promosi bukan lagi sesuatu yang susah. Kita sudah dimudahkan dengan berbagai kemajuan teknologi yang hadir dihadapan kita. Anda bisa memanfaatkan berbagai macam sosial media, seperti instagram, facebook ataupun yang lain untuk melakukannya, atau bahkan jika anda ingin lebih maksimal lagi dalam berpromosi, anda bisa menggunakan sebuah website. Karena, selain memberikan kesan profesional pada bisnis, anda juga akan mendapatkan berbagai keuntungan lainnya.

Selain itu anda juga bisa memasang iklan di berbagai penyedia iklan sperti facebook ads, google ads dan masih banyak yang lainnya. Dengan memasang iklan, kemungkinan menemukan target yang tepat dan spesifik akan semakin besar.

Dalam melakukan promosi anda perlu memperhatikan beberapa hal, yaitu gunakanlah visual yang memiliki kualitas bagus serta informasi detail produk atau jasa yang jelas dan lengkap. Ingat, jangan melakukan promosi terus-menerus setiap hari, Tapi lakukan promosi secara berkala.

Menggunakan E-mail Sebagai Salah Satu Alat Promosi

Ketika kita berkunjung ke situs blog atau website yang berkaitan dengan tutorial, biasanya kita disuguhi sebuah form dan kita bisa memasukan e-mail untuk menjadi subscriber situs tersebut. Setelah kita menjadi subscriber, setiap beberapa saat kita akan dikirimi sebuah e-mail yang berisi pemberitahuan tentang update dari website atau blog itu.

Nah, anda bisa menerapkan hal serupa. Namun, ubahlah isi dari e-mail yang dikirimkan tersebut. E-mail yang tadinya berisi tentang update konten terbaru, sekarang berubah menjadi e-mail yang berisi tentang promosi dan update terbaru tentang produk atau layanan anda.

Bersikap Bijak Dalam Menghadapi Keluhan

Ketika kita melakukan pemasaran secara online ataupun offline, kita pasti akan berhadapan dengan berbagai macam sifat manusia. Ada yang tidak terlalu mempermasalahkan harga, ada juga yang mengeluh karena merasa bahwa harga yang diberikan terlalu mahal, dan masih banyak tipikal orang yang lainnya.

Apabila anda bertemu dengan calon pembeli yang seperti itu, maka tetaplah berusaha untuk menyikapinya dengan bijak. Misalnya ketika anda bertemu dengan calon pembeli yang mempermasalahkan soal harga, janganlah terlalu cepat mengambil keputusan untuk menurunkan produk tersebut karena takut kehilangan calon pembeli itu. Tapi, cobalah terlebih dahulu untuk memberikan solusi dari permasalahan tersebut dengan cara memberikan alasan dan sebab mengapa harga yang anda patok lebih mahal dari pasaran.

Misalnya, karena produk yang anda sediakan adalah produk yang bagus dan berkualitas. Agar calon pembeli mengerti dan akhirnya memutuskan untuk tetap membeli. 

Gunakanlah Kalimat Closing yang Sesuai dan Tepat

Bagian terpenting dalam sebuah praktek marketing adalah closing. Karena, tahap ini menentukan usaha dan promosi yang selama ini anda lakukan. Berhasil atau tidak, tergantung pada bagaimana penggunaan kalimat yang anda pakai.

Anda tentunya tidak menginginkan bukan? jika setelah berbicara panjang lebar, eh ternyata calon pembeli akhirnya malah kabur dan tidak jadi membeli produk.

Penggunaan kalimat seperti, “bagaimana pak? Apakah jadi memebeli produk saya?” sebaiknya dihindari, dan lebih baik anda kembangkan kalimat tersebut. contoh, “ bagaimana pak? Apakah jadi membeli barang yang ini? atau mungkin bapak lebih tertarik dengan barang yang itu? kami tidak bisa menjamin, besok barang yang bapak inginkan masih tersedia karena stock habis.

Jadi, intinya dalam tahap ini anda harus bisa membuat calon pembeli seolah-olah terpojok dan harus melakukan pembelian sesegera mungkin.

Ingat! bukan menggunakan kalimat yang memaksa, tapi kalimat yang sesuai dan tepat.

Sediakan Pilihan Alternatif

Menyediakan produk alternatif adalah salah satu hal yang perlu anda lakukan. Namun, pastikan bahwa produk yang dijadikan alternatif itu masih berkaitan dengan produk utama anda.

Misalnya ketika anda menawarkan baju,cobalah untuk menawarkan celana juga. Karena, terkadang calon pembeli bisa saja mengurungkan niatnya untuk membeli produk yang sedang dia cari dan justru menjadi lebih tertarik dengan produk lain yang baru saja dia lihat.

Tentu saja hal ini akan membantu anda agar tetap mendapatkan income walaupun bukan produk utama yang berhasil anda jual.

Menyediakan Layanan After Sales

Ada banyak orang yang menjadi internet marketers melupakan hal yang satu ini, karena mereka menganggap bahwa tugas mereka hanya selesai sampai produk yang disediakan terjual.

Padahal seharusnya setiap penyedia produk ataupun jasa menguasai dan menyediakan layanan after sales. hal itu untuk membuat pelanggan merasa nyaman berbelanja kepada kita dan bukan tidak mungkin jika pembeli itu akhirnya menjadi pelanggan tetap dengan selalu berkunjung ke toko anda.

Nah, itulah 9 strategi bisnis yang wajib anda lakukan dengan baik. Namun, sebetulnya masih ada banyak sekali ilmu-ilmu tentang marketing yang harus anda ketahui dan pelajari.

Salah satunya dengan menggunakan toko online, yang munkin akan kami bahas lain waktu. ( Baca juga : 6 tips sukses membangun bisnis rumahan )

Semoga bermanfaat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *