Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Pemasaran Online

apa-itu-pemasaran-online

Anda seorang memiliki usaha dan sedang bertanya tanya mengenai apa itu Pemasaran Online,

berati anda sekarang sedang beruntung karena anda berada pada tulisan yang tepat.

Disadari atau tidak sekarang sudah masuk pada zaman yang semuanya…

  • serba digitalilasi
  • serba koputerisasi
  • serba online semuanya berhbungan dengan internet,

yang bisa dijangkau dari kejauhan tanpa harus bertemu secara langsung.

Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi anda yang sedang fokus menggeluti usaha atau bisnis,

karena dengan berkembangnya tekhnologi, bisa digunakan untuk meningkatkan konsumen dengan teknik Pemasaran Online.

Kali ini saya akan mengulas mengenai Pemasaran Online lebih mendalam,

Beberapa poin yang akan saya sampaikan sebagi berikut :

  • Apa Itu Pemasaran Online
  • Tujuan pemasaran Online
  • Manfaat Pemasaran Online
  • Media Pemasaran Online
  • Strategi Pemasaran Online

Baiklah agar anda lebih memahami pemasaran online silahkan anda lajutkan membaca tulisan ini.

1. Apa Itu Pemasaran Online ?

Pemasaran bisa disebut marketing, sedangkan marketing adalah strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah konsumen,

Sedangkan Pemaaran Online memilik makna strategi pemasaran melalui media online,

dengan memanfaatkan jaringan internet, untuk meningkatkan konsumen.

Praktik ini mungkin sudah pernah anda lakukan namun masih belum terlalu efektif,

karena masih belum begitu memahami secara mendetail.

Perlu diketahui Pemasaran Online atau Internet Marketing juga bisa disebut Online Marketing,

yang mana ketiganya memiliki arti atau pengertian yang sama hanya berbeda istilah atau bahasa saja.

Pemasaran Online lebih mudah dan efektif untuk memperluas promosi produk usaha anda keberbagai tempat tanpa ada batasan ruang dan waktu selama bisa mengakses internet.

Pastinya Pemasaran Online lebih menguntungkan bagi anda karena penghasilan anda bisa meningkat dengan biaya promosi yang lebih sedikit

Adapun bukti yang paling jelas kalau Pemasaran Online banyak diminati oleh pengusaha adalah banyakanya Onlineshop atau E-Commerce yang terus menerus bermunculan diberbagai situs website.

2. Tujuan Pemasaran Online

Selanutnya adalah tujuan digunakanya pemasaran online, karena akan ada banyak hal yang anda dapatkan ketika menggunakan teknik pemasaran online pada usaha anda

Ada beberapa tujuan Pemsaran Online, di antaranya sebagai berikut.

  • Meningkatkan jumlah konsumen
  • Menjangkau pasar lebih jauh
  • Mempermudah proses promosi
  • Meminimalisir biaya promosi

Melihat beberapa tujuan pemasaran online di atas,

Jika anda menerapkan tenik ini sangat menguntungkan bagi keberlangsungan usaha anda kedepan.

3. Manfaat Pemasaran Online

Ada banyak manfaat yang akan anda dapatkan ketika melakukan pemasaran usaha anda secara online,

Di bawah ini saya sudah rangkum beberapa manfaat pemasaran online

Berikut ini manfaat pemasaran online yang tidak tersedia di pemasaran ofline

  • Tidak Dibatasi Ruang Dan Waktu

Secara umum Pemasaran Ofline sangat terbatas ruang dan waktunya karena anda harus pergi kesana kemari dengan waktu yang tidak sebentar, untuk menawarkan produk.

Sedangkan Pemasaran Online lebih mudah, hanya perlu sekali menawarkan produk anda secara online,

sampai kapanpun dan di manapun target konsumen anda bisa terus menerus mengunjungi toko online anda tanpa ada batas ruang dan waktu.

  • Lebih Hemat Biaya 

Beban biaya yang dikeluarkan untuk Pemasaran Online jauh lebih murah dan terjangkau daripada pemasaran ofline,

bahkan hampir gartis hanya perlu jaringan internet saja.

Contoh sederhana jika mempraktikan Pemasaran Online,

Pertama anda hanya perlu membuat sebuah foto produk kemudian tambahkan sedikit deskripsi yang menarik,

lalu upload ke toko online media sosial usaha anda lalu share, dan sudah bisa menjangkau banyak tempat.

Sedangkan untuk pemasaran ofline anda harus menyewa atau membuat sebuah toko atau ruko

yang digunakan untuk display barang tau produk anda, agar calon konsumen anda bisa tahu.

Namun bagaimanpun juga harus berikan yang terbaik untuk calon konsumen anda jangan asal asalan saat membuat sebuah konten marketing.

  • Mudah Menentukan Target Market

Ketika anda memiliki website toko online sendiri seluruh semua pengunjung di tokomu akan dianalisa secara otomatis oleh google analytics.

Jika anda belum tahu atau ingin tahu lebih dalam mengenai Goole Analytics silahkan baca Manfaat Google Analytics untuk meningkatkna konsumen anda.

Ada banyak sekali data yang dianalisa oleh google analytics yang bisa anda manfaatkan untuk mengincar target market anda.

Diantaranya data yang dianalisa Google Analytics adalah :

1. Laporan Real Time

2. Laporan Pengunjung

3. Laporan Akuisisi Pengujung

4. Laporan Perilaku Pengujung

5. Laporan Koversi

Dari data tersebut dapat dijadikan sebagai bahan perencanaan pola promosi produk atau content marketing yang lebih disukai oleh calon pelanggan (customer) usaha anda.

  • Kemampuan Konversi Instan

Kali ini anda akan merasa lebih memiliki waktu longgar ketika website toko online anda sudah di penuhi dengan sebuah sistem informasi yang otomatis

Jadi anda sudah tidak perlu lagi mengarahkan pembeli harus transfer kemana, memeberitahu kapan barang akan sampai,
Karena semua sudah tertera anda hanya akan mendapatkan notifikasi pesanan masuk dan transferan masuk lalu tinggal kirim barangnya.

  • Banyak Pilihan Media Pemasaran

Ada banyak sekali media yang bisa anda gunakan untuk melakukan promosi atau pemasaran online,
Seperti instagrma untuk promosi fokus pada gambar terus youtube fokus promosi menggunakan video lalu website/blog untuk

fokus promosi dengan tulisan dan masih banyak lagi.
Jika anda bingung mau menggunakan media apa di bawah ini akan saya sajikan beberapa rekomendasi media untuk pemasaran online.

4. Media Pemasaran Online

Baik pemasaran online maupun ofline pasti membutuhkan media untuk menunjang keberhasilan promosinya.

Ada banyak sekali media pemasaran online untuk mempromosikan produk atau jasa usaha anda,

kemudian apa saja media yang digunakan untuk pemasaran online ?

Langsung saja simak beberapa media pemasaran online yang cocok untuk usaha anda berikut ini :

  • Facebook

Facebook adalah media yang dibuat oleh pengusaha muda asal Amerika Mark Zuckerberg pada tahun 2004 sudah sangat populer di kalangan pengguna internet.

Dilansir dari media berita suara.com pengguna facebook sudah mencapai 2,7 miliyar pengguna di Dunia, dan 140 juta pengguna di Indonesia pada tahun 2021,

Setengah labih sedikit dari penduduk bangsa Indonesia menggunakan facebook.

Keadaan ini sangat menguntungkan bagi anda jika dijadikan sebagai media promosi produk atau jasa usaha anda.

Gambaran kecilnya jika anda memiliki akun facebook, kemudian anda posting foto produk atau jasa usaha di halaman facebook
Tambahkan sedikit deskripsi lalu poshting, dan postingan anda akan dilihat oleh sesame pengguna facebook.

Ini jelas menguntungkan, anda hanya perlu sekali upload namun bisa menjangkau lebih banyak orang dengan sedikit biaya bahkan mungkin gratis.

Tinggal bagaimana cara anda menyampaikan atau mendeskripsikan produk anda, agar bisa membuat pengunjung tertarik kemudian membeli dan sampai menjadi pelanggan.

Selain pengunaanya yang mudah, orang orang juga sudah terbiasa dengan media yang satu ini.

Facebook juga sudah menambahkan fitur jual beli pada halamanya, jadi sangat rekomended banget buat anda yang ingin promosi secara online.

Jika anda tertrik mengunakan facebook untuk melakukan pemasaran online atau sebagai media promosi silahkan anda baca cara meningkatkan customer dengan facebook marketing.

  • Instagram

Hampir sama dengan Facebook, Instagram juga memiliki jumlah pengguna aktif yang banyak, perbedaanya pengguna instagram kebanyakan adalah anak muda.

Kurang lebih ada 800 juta pengguna Instagram di dunia, yang setiap harinya ada jutaan orang berbagi foto maupun video di media yang satu ini, sehingga sangat menarik untuk dijadikan sebagai media pemasaran online.

Walaupun pengguna Instagram tidak sebanyak facebook tapi Instagram setiap tahunya jumlah pengguna selalu meningkat sangat signifikan,

Di bandingkan facebook yang akhir akhir ini mengalami stagnan.

Jadi kedepanya instagram akan menjadi media besar yang bisa kita manfaatkan jumlah penggunanya sebagai ladang promosi produk atau jasa usaha anda.

Kemudian saat ini instagram juga sudah menambahkan fitur jual beli pada tampilan instagram untuk mendukung pengguna yang ingin melakukan jual beli di Instagram.

Jika produk atau usaha anda targetnya adalah anak muda maka instagram ini sangat cocok anda pilih untuk media promosi usaha anda

Apabila anda tertarik ingin menguasai Instagram marketing bisa baca tips menguasai instagram marketing dan jangan lupa juga follow instagram kami @creator.web.id anda akan mendapatkan tips menarik mengenai Digital Marketing.

  • Marketpalce

Market Place atau e-comers merupakan sebuah website yang memang di rancang khusus untuk penjual atau pembeli bertemu secara online,

Jadi segala fitur yang tersedia sangat sesuai dengan apa yang dibutuhkan sehingga sangat memudahkan pengguna.

Ada banyak sekali e-comers di Indonesia diantaranya yang terkenal ada Tokopedia, Bukalapak, Shoope, Lazada, Blibli dan lain sebagainya, itu semua adalah sebuah pasar namun siftanya online.

Bahkan saat ini beberapa marketplace yang sudah besar dan memiliki jutaan pengguna sudah ada bentuk aplikasinya.

Jadi nanti anda hanya perlu mendownload aplikasinya di playstore kemudian mendaftar sebagai member atau pedagang

kemudian anda tinggal memasukan gambar produk anda dan ulasan barang tersebut besertaharganya lalu posh.

Untuk sampai ada orang yang bisa mengunjungi akun toko online anda bisa dengan membagikan link toko online anda di media sosial yang anda miliki, dan beberapa trik lain pastinya.

Anda tertarik menggunkan marketplace untuk meningkatkan jumalah konsumen usaha anda silahkan baca optimasi marketplace untuk meningkatkan jumlah konsumen.

Intinya marketplace berbeda dengan facebook maupun instagram, kalau marketplace memang dirancang untuk berjualan

Sedangkan facebook atau Instagram fungsi utamanya untuk berbagi cerita, gambar atau video, namun dimanfaatkan untuk media promosi.

  • Youtube

Beberapa orang pelaku usaha mungkin memiliki keinginan mempromosikan usahanya di media televisi agar bisa menjangkau banyak orang, tapi tidak diteruskan karena beban biaya yang harus dikeluarkan terlalu mahal untuk membayar televisi.

Sebenarnya ada alternatif lain yaitu melaului media Youtube, hampir sama dengan tv hanya saja youtube bersifat online

Penikmat youtube juga selalu meningkat setiap tahunya, sampai sampai TV membuat chanel youtube sendiri dan menmpilkan tanyanganya di situ.

Daripada beberapa media di atas youtube ini tergolong lebih membutuhkan tenaga serta pikiran yang ekstra, karena selain harus memikirkan kata kata untuk mendeskripsikan barang yang anda tawarkan juga harus membuat video yang bagus untuk menarik orang yang melihat chanel anda.

Padahal semua orang pasti akan risih saat melihat TV kemudian muncul tayangan iklan,

di situ anda harus memutar otak untuk membuat sesuatu yang disukai orang orang tanpa menghilangkan promosi.

Yang jelas hasilnya pasi akan berbeda jika dibandingkan beberapa media di atas yang saya jelaskan,

Jika anda berhasil menarik orang orang untuk melihat chanel anda selain ada kemungkinan barang atau jasa anda akan laku

Anda juga bisa mendapatkan pengasilan tambahan dari youtube ketika chanel anda sudah memenuhi syarat.

mungkin anda akan tertarik untuk mendalami youtube bisa baca cara memasarkan produk melalui youtube.

  • Website

Saat ini website mendjadi salah satu media yang sangat diminati oleh mereka yang ingin menjangkau pelanggan secara online, karena sangat mudah untuk menjangkau customer secara luas.

Ketika anda memiliki sebuah situs website anda akan serasa memiliki sebuah toko sendiri yang setiap waktunya akan selalu dikunjungi customer anda.

Berbeda dengan marketplace, walpaun sama sama sebuah situs website, tapi ketika anda menggunakan jasa e-comers ada batasan batasan tersendiri, karena itu bukan milik anda.

Tetapi jika anda memiliki sebuah situs sendiri akan sangat leluasa mengoperasikan website tersebut disesuaikan dengan produk anda.

Ada beberapa hal mendasar kenapa anda harus memiliki sebuah situs website sendiri di antaranya :

  • Naik Kelas

Ada banyak orang ingin meningkatkan branding usahanya dan pastinya itu semua tidak mudah dan murah untuk sampai pada tahapan tersebut

Tapi jika anda memiliki sebuah website secara sadar atau tidak branding anda akan naik satu tingkat daripada mereka yang belum memiliki sebuah situs website.

Ini lebih murah dan mudah daripada anda harus menawarkan produk anda secara berulang ualang atau dibawa ke konsumen

Anda hanya perlu share link website anda kepada teman atau sasaran pemebeli usaha anda dan semua informasi sudah ada pada situs anda.

  • Lebih Mudah Dimonitor

Ketika website anda ditautkan dengan google analytic nanti akan di sajikan berbagai macam data tentang pengunjung website anda.

Mulai dari lokasi, umur, waktu kunjungan, berapa lama mengunjungi dan lain lain yang kesemua data tersebut sangat berguna untuk di analisa untuk bisa memberikan segala yang terbaik kepada pelanggan anda.

Jadi anda akan lebih mudah mengetahui siapa saja yang tertarik dengan produk anda hanya melalui data tersebut yang bisa anda peroleh secara gratis dan mudah.

  • Lebih Meyakinkan

Seperti yang saya sampaikan, suatu usaha jika memiliki website maka sadar atau tidak akan naik satu tingkat daripada usaha yang tidak punya website

Itu berpengaruh, orang orang atau calon pengunjung anda akan lebih percaya terhadap sebuah toko ataupun usaha yang lain jika memiliki sebuah website.

Sebenarnya masing sangat banyak alasana kenapa anda harus menggunkan sebuah website saat sedang membangun usaha
Untuk lebih jauh pembahasan terkait website marketing anda bisa baca pentingnya menggunakan website saat berbisnis online.

Baca Juga : Strategi Bisnis yang Waib Anda Lakukan Untuk Mencapai Keberhasilan

5. Strategi Pemasaran Online

Setelah anda tahu media yang bisa digunakan untuk promosi usaha selanjutnya anda juga harus tahu strategi pemasaran secara online

Agar anda bisa mengetahui bagaiman cara mempromosikan produk atau jasa anda secara online

Silahkan anda lanjutkan baca dan fahami apa yang saya sampaikan di bawah ini kemudian tentukan mau menggunakan strategi yang mana

  • Conten marketing

Conten marketing merupakan strategi pemasaran online yang cenderung dilakukan menggunakan website agar bisa menampilkan berbagai macam konten baik berupa tulisan, gambar maupun video,

Dengan harapan konsumen anda akan mudah mengenali produk atau jasa yang anda tawarkan.

Satu hal yang sering dilakukan oleh konsumen atau siapapun yang ingin membeli suatu produk tertentu,

Tapi belum begitu faham dengan kulalitas atau apapun yang berhubungan dengan produk tersebut, mereka pasti akan mencaritahu terlebih dulu di internet.

Strategi ini menjadi pilihan yang tepat, anda bisa memberikan informasi semenarik mungkin tentang produk yang anda jual agar calon konsumen anda menjadi tertarik dan ingin membelinya.

Namun perlu diingat setiap anda membuat content marketing jangan terlalu mencolok dalam menampilkan iklan atau menawarkan produk anda secara terang terangan,

Mereka akan terganggu dan kemungkinan akan meninggalkan halwan website anda, buatlah dengan bahasa yang halus dan menarik sambil di bumbui promosi sedikit.

Sepeti contoh misalkan produk anda adalah kecantikan, pada awal conten silahkan sampaikan bagaimana caranya bisa tampil cantik, kemudian di akhir sesi coba tawarkan produk anda dengan bahasa yang meyakinkan.

  • SEO dan SEM

Bagi kalangan blogger mungkin SEO mupun SEM sudah bukan barang asing lagi, karena ini sudah menjadi makanan sehari hari mereka khususnya SEO

Lalu apa itu SEO ayau SEM ?

SEO adalah Search Engine Optimization atau mengoptimasi kata kunci untuk bisa menampilkan content yang ada pada website naik ke posisi atas pada halaman pencarian.

Walaupun sedikit membutuhkan waktu lumayan lama tapi menurut Neil Patel (Pakar Internet marketing) ketika sebuah website sudah di optimasi akan membuat produk atau usaha anda lebih mudah dijangkau oleh konsumen anda.

Sedangkan SEM atau Search Enggine Marketing merupakan strategi memanfaatkan mesin pencari untuk meningkatkan jumlah konsumen

Hampir sama dengan SEO cuma SEM ini tidak membutuhkan waktu lama untuk sampai pada peringkat atas di halaman pencarian, namun anda harus merogoh saku untuk menggunakan strategi ini.

Adapun biaya yang di keluarkan sangat relatif melihat kata kunci yang dipilih, Sedangkan kesamaan yang mendasar pada keduanya adalah produk atau jasa yang anda tawarkan lebih spesifik dan relefan serta tepat sasaran.

  • Sosial Media Marketing

Seperti yang saya sampaikan di atas, masyarakat Indonesi sudah mencapai angka 140 juta pengguna media sosial dengan durasi 3 jam lebih setiap harinya.

Media sosial memang sangat digemari oleh pebisnis pemula karena terbilang gratis dan mudah dilakukan kemudian bisa menjangkau lebih banyak orang.

Konsepnya memang hampir sama seperti website, anda membutuhkan sebuah konten mengenai produk yang anda tawarkan hanya saja yang satu ini di share melalui media sosial yang anda miliki.

Anda bisa menggunakan media seperti apa yang saya sebutkan di atas seperti Facebook, Instagram maupun Twiter walapun kurang saya rekomendasikan karena Twiter menurut saya masih kurang relevan digunakan untuk berjualan.

  • Mobile Marketing

Strategi jenis ini menggunakan mobile seperti smartphone atau tablet

Mengapa ini perlu di lakukan karena saat ini manusia tidak bisa terlepas dari smartphone jadi ini kesempatan anda untuk menawarkan produk anda kepada mereka.

Anda bisa mendesain tampilan website anda menjadi user friendly sehingga walpaun dibuka dari smartphone konsumen akan tetap nyaman ketika sedang berkunjung.

Perlu diketahui pembelian secara online yang di lakukan melalui perangkat mobile sudah lebih dari 60% dari jumlah total transaksi.

Dan jika anda sudah memiliki banyak pelanggan website anda bisa di upgrade lagi menadi sebuah aplikasi yang bisa dibuka melalui samrtphone android maupun yang lainya,

sehingga pelanggan akan semakin betah dan pendapatan anda terus meningkat.

  • Affiliate Marketing

Strategi ini sangat rekomended dilakukan oleh anda karena nantinya anda akan dimudahkan karena tidak perlu memikirkan sebuah konten marketing untuk menarik konsumen.

Caranya cukup sederhana anda harus membangun kerasama dengan konten creator, seperti blogger atau youtuber atau apapun yang penting mereka memiliki sebuah wadah untuk mempromosikan produk anda.

Kemudian mereka membuat konten mengenai produk lalu mereka menautkan sebuah link di media yang mereka, link tersebut akan mengarah ke website anda.

Kemudian jika anda konsumen yang membeli produk anda melalui link tersebut maka mereka berhak mendapatkan komisi sesuai dengan perjanjian yang sudah anda sepakati.

Simpelnya seperti itu anda tanpa ribet harus memikirkan konten walapun anda harus mengeluarkan rupiah tapi itu setelah produk anda laku.

Kesimpulan

Baiklah demikian di atas pembahasan mengenai apa itu pemasaran online atau Internet marketing, manfaat pemasaran online, media pemasaran online serta strategi pemasaran online

Semoga bisa menambah pengetahuan anda seputar dunia marketing

Sebenarnya masih banyak lagi strategi ataupun manfaat yang lain melainkan yang saya sampaiakan di atas sudah saya pilah pilih yang paling rekomended untuk kemajuan usaha anda.

So langsung saja eksekusi sebelum tertinggal lebih jauh lagi dan salam sukses.

Baca Juga : Penyebab Kegagalan Dalam Berbisnis yang Harus Anda Hindari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *