Panduan facebook Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan

panduan-facebook-marketing

Anda sedang mencari tahu panduan facebook marketing untuk meningkatkan penjualan bisnis ?

berarti anda pada blog yang tepat.

Siapa sih, di dunia ini yang ingin merugi saat berbisnis, walaupun di awal mereka harus mengluarkan uang yang tidak sedikit,

tapi harapan akhir tetap ingin mendapatkan untung sebesar besarnya dan bisnisnya semakin berkembang.

Sehingga banyak cara yang harus dilakukan agar publik tahu bisnis yang sedang dijalaninya dan tertarik untuk memebeli produk bisnis anda.

Salah satu cara yang biasa dilakukan adalah promosi menggunakan facebook,

Namun banyak dari mereka yang tidak tahu cara menggunakan facebook untuk promosi, Sehingga tidak menghasilkan apapun.

Pada kesempatan kali ini saya akan menunjukan kepada anda Panduan Facebook marketing untuk meningkatkan penjualan bisnis anda.

Ada beberap poin yang akan saya bahas di antaranya :

  1. Pengertian Facebook marketing
  2. Fitur Pendukung Facebook Marketing
  3. Strategi Facebook marketing

Pengertian Facebook Marketing.

Facebook marketing merupakan salah satau bagian dari Internet marketing atau pemasaran online yang beberapa waktu lalu saya bahas.

Secara umum facebook marketing aktivitas membangun komunikasi dengan pelanggan secara intens serta meningkatkan jumlah penjualan produk menggunakan facebook.

Karena berusaha menarik pelanggan menggunakan berbagai macam informasi yang menarik mengenai produk bisnis anda,

Sehingga Facebook Marketing merupakan bagian atau jenis pemasaran Inbound Marketing.

Perlu anda ketahui Saat ini Facebook memiliki :

  1. 2,5 miliyar lebih pengguna aktif bulanan
  2. 1.5 miliyar lebih pengguna aktif harian
  3. 400 pengguna baru setiap menitnya
  4. 35  juta orang memperbarui statusnya setiap hari

Dari data tersebut sehingga menjadikan pebisnis memilih facebook untuk media promosi agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas lagi.

media yang didirikan tahun 2004 ini juga telah mengalami berbagai macam perubahan dari tahun ketahun,

untuk menyesuaikan pengguna agar lebih nyaman, Bahkan untuk pebisnis seperti anda.

Adapun fitur fitur pendukungnya adalah sebagi berikut.

Fitur Fitur Pendukung Facebook Marketing

Facebook menyediakan beberapa fitur pendukung untuk siapapun yang ingin menggunakanya sebagai media marketing, yang bisa anda gunakan secara gratis.

Pastinya fitur fitur tersebut sudah disesuaikan dengan kebutukan marketing untuk mempermudah penggunaanya dalam mempromosikan atau menawarkan produk bisnis anda.

1. Facebook Messenger

Jika anda menggunakan Facebook pasti sudah tidak asing dengan fitur messenger yang secara gratis bisa anda gunakan.

Fitur ini mendukung pengguna facebook untuk bisa saling terhubung dengan pengguna yang lain.

Ini bisa anda gunakan untuk menjalin komunikasi dengan konsumen atau customer (pelanggan) anda.

Berdasarkan situs Buffer.com, pengguna messengger menunjukan respon baik,

karena kemudahan yang dirasakan saat menggunakanya, untuk berkomunikasi dengan penjual.

Dalam Facebook mesenger terdapat banyak emoji atau gambar GIF yang menarik,

Untuk menciptakan komunikasi yang santai dan nyaman,

Serta bisa berbagi lokasi atau informasi even yang anda akan selaenggarakan.

Sedangkan dilihat dari sisi pebisnis dapat meningkatkan penjualan mencapai lima kali lipat.

2. Facebook Ads Manager

Fitur yang kedua ini berguna jika anda ingin mengiklankan produk anda di halaman Facebook.

Jadi Facebook Ads Manager berisi tampilan untuk memantau pengelolaan iklan yang anda miliki,

Baik saat anda akan membuatnya atau ketika setelah iklan dipublikasikan.

Selain untuk mengedit tampilan iklan yang tidak sesuai dengan anda,

Bisa juga untuk mengetahui jumlah realtime reporting, untuk mengetahui apakah iklan yang anda tampilkan mencapai konsumen yang dituju.

3. Succes Story

Succes Story merupakan sebua hfitur yang bisa membantu anda melancarkan facebook marketing,

Dalam fitur ini anda akan melihat bagaimana seseorang bisa meraih kesuksesan dalam menggeluti bisnisnya.

yang bisa memotivasi anda untuk terus memacu semangat dalam menjalankan bisnis.

Ada banyak sekali ide ide segar yang yang bisa anda pilih saat menggunakan facebook marketing,

sesuai dengan kebutuhanmu agar lebih maksimal.

4. Activity Log

Dengan fiturActivityLog ini semua interaksi yang di lakukan antara anda sebagai pengelola bisnis,

dengan mereka yang calon konsumen produk yang anda pasarkan, menjadi sebuah timeline.

Semua komentar maupun pertanyaan – pertanyaan calon konsumen atau customer anda,

bisa dipantau dengan lebih mudah dan leboh cepat.

Yang paling menguntungkan dari fitur ini adalah,

anda akan tahu seberapa baiknya hubungan anda dengan konsumen atau pelanggan anda,

karena sudah dihitung otomatis oleh fitur Activity Log.

Sehingga dari penilaian tersebut anda bisa memperbaiki hubungan anda dengan calon konsumen atau customer,

Serta menentukan langkah bisnis yang lebih efektif.

5. Demographic Target

Simpelnya fitur ini berguna untuk mengupdate suatu produk atau apapun,

sesuai dengan demografi pada suatu wilayah atau umur tertentu.

Hal ini akan lebih memudahkan anda untuk berkomunikasi dengan calon konsumen anda di negara lain.

Sedikit contoh mengenai fitur ini,

Misalkan bisnis anda adalah TV Digital yang sifatnya membership.

Bagi mereka yang ingin melihat acara atau film di TV anda, harus mendaftar dulu atau menjadi member.

Saat anda update film terbaru, anda bisa atur sipa siapa saa yang bisa melihat film tersebut,

Baik wilayah mana atau umur berapa yang anda izinkan untuk melihat film tersebut.

Sama halnya dengan fitur pendukung facebook marketing ini,

ketika anda promsi sebuah produk anda bisa arahkan kepada target market anda, mulai dari jenis kelamin, wilayahnya, umunya dan lain lain,

menjadi lebih tepat menggunakan fitur Dempographic Target.

6. Facebook Marketing Pages

Fitur facebook marketing page ini merupakan sebuah aplikasi untuk mendukung anda yang sedang berjualan online,

yang bisa di instal pad sistem android maupun IOS.

Anda nantinya akan memiliki sebuah halaman profil anda sendiri secara khusus,

untuk menglola pemasaran usaha anda mulai dari menentukan target market atau meningkatkan branding usaha anda.

Facebook marketing page ini sudah bisa mengelola bisnis secara efektif sehngga akan menghasilkan hasil yang lebih signifikan.

Anda bisa menggunakan sebuah foto maupun video yang digunakan untuk menarik calon konsumen agar tertarik untuk membeli atau menggunakan jasa bisnis yang sedang anda jalani.

7. Page Insight

Page Insight merupakan sebuah fitur yang menampilkan berbagai macam informasi secara lengkap dan keseluruhan yang terjadi pada halaman atau bisnis yang anda promosikan.

Diantarya informasi tersebut adalah :

  • Berapa Jumalah Like
  • Berapa Jumlah Komen
  • Berapa Jumlah Share

Informasi yang diberikan tersebut terbilang cukup lengkap,

karena dari masing masing postingan ditampilkan dari waktu kewaktu serta tempat yang melihat, like, komen, share produk usaha anda yang dipromosikan.

8. Drump Up

Drump Up merupakan fitur pendukung facebook marketing yang penggunaya mencapai 60 ribu termask brand besar di dunia yaitu Forbes dan Enterpreneur.

Anda harus mendaftar dulu menggunakan akun facebook anda untuk bisa mengoperasikan tool atau fitur Drump Up ini.

Tool ini membantu anda untuk membuat sebuah konten promosi yang lebih menarik,

Drump Up akan menganalisa seluruh konten yang berkaitan dengan bisnis anda,

kemudian akan merekomendasikan konten yang benar benar relevan untuk knten promosi bisnis anda.

Sehingga anda dapat menghemat waktu yang biasanya anda digunakan untuk melakukan riset konten.

Baiklah demikian beberap fitur atau tool yang bisa dijadikan pendukung menggunakan facebook sebagai media marketing bisnis anda.

Baca Juga : Dampak Revolusi Industri 4.0 untuk UMKM

Strategi facebook Marketing

Setelah anda tahu fitur pendukungnya, langkah selanjutnya adalah take action

Pastinya anda tidak bisa asal asalan saat menggunakan facebook untuk media marketing,

Anda harus menggunakan strategi yang tepat agar bisa samapai ke target market bisnis anda.

Kira kira apa saja langkah langkah yang harus ditempuh ?

1. Tentukan Tujuan Bisnis

Menentukan tujuan adalah kewajiban bagi siapapuun tanpa terkecuali bagi bisnisman seperti anda sekalipun.

Tanpa adanya tujuan anda bagaikan bergerak tanpa arah dan tidak menghasilkan apapun.

Menurut sebuah situs Sprout Social 80 % tujuan utama pebisnis memilih facebook marketing adalah untuk meningkatkan Brand Awarnes (meningkatkan Branding).

Sedangkan selebihnya :

  • 59 % Konsumen mencari  yang mengajari mereka sesuatu
  • 55 % Return Of Invesment (ROI)
  • 65 % Meningkatkan Engagement
  • 54 % Meningkatkan Trafic Website
  • 30 % Mendapatkan Lead.

Jika anda belum menentukan sebuah tujuan menggunakan facebook marketing,

mulailah berfikir dari sekarang dan tentukanlah tujuan yang ingin anda capai menggunakan facebook marketing.

2. Kenali Target Market 

Dalam dunia marketing menentukan target market yang lebih spesifik jauh lebih mudah daripada yang terlalu umun. Akan sangat sulit membuat strategi yang ambuh bisa mengenai semua target market.

Mengenali target market tujuan utamanya untuk memudahkan anda saat membuat konten marketing nantinya.

Untuk mencari target market anda bisa melakukan riset terlebih dulu,

atau anda buat beberapa list pertanyaan untuk memudahkan anda menentuka target.

misalkan :

  • Apa yang anda jual ?
  • Siapa yang akan membeli produk anda ?
  • Produk untuk laki laki atau perempuan ?
  • Kisaran umur berapa yang mengkonsumsi produk anda ?

dari pertanyaan tersebut, anda akan dimudahkan saat mempromosikan produk anda karena taget sudah diketahui, sehingga akan lebih tepat sasaran.

Jika anda menggunakan facebook ads, ada fitur custom audience yang bisa menentukan target audience spesifik berdasarkan data pelanggan yang sudah dimiliki.

3. Temukan Brand Pesaing

Apa pentingnya mencari brand pesaing ? tentu sangat penting sekali.

sebagai seorang pemula pasti semuanya sangat terbatas, masih belum mengetahui apapun tentang dunia marketing khususnya facebook marketing.

Berangkat dari sebuah ketidaktahuan, biasanya hanya sekedar asal asalan, tanpa melihat pertimbangan apapun.

Sehingga hasilnyapun akan sangat tidak efektif dan anda hanya akan banyak di rugikan.

Dengan adanya brand pesaing yang sudah dulu memulai usahanya, anda bisa menganalisa brand tersebut.

Contoh yang harus anda analisa pada brand kompetitor.

  • Model conten marketing
  • Lokasi Pemasaran
  • Jumlah atau waktu kompetitor posting
  • Antusias pengunjung dilihat dari jumlah like, komen atau share.

Dari situ anda bisa meniru model yang di pakai oleh brand tersebut, dengan sedikit modifikasi.

Sehingga dengan memanfaatkan analisa anda pada brand tersebut, hasilnya akan lebih mudah dalam membuat konten marketing yang lebih tepat sasaran dan disukai calon konsumen.

4. Membuat Konten Marketing

Langkah selanjutnya anda harus membuat sebuah konten marketing untuk menarik calon konsumen, dengan konten konten yang berkualitas.

Ada beberapa pilihan konten yang bisa and agunakan, seperti,

  • Konten Tulisan
  • Konten Foto atau Gambar
  • Konten Video

Konten marketing model tulisan memang tidak begitu disukai oleh banyak orang, apalagi ketika di facebook akan di potong saat teksnya terlalu panjang.

Namun tetap saja masih relevan untuk digunakan, yang terpenting buatlah semenarik mungkin konten tersebut.

Untuk menghindari hal tersebut jangan hanya posting berupa tulisan saja melainkan tambahkan lah sebuah gambar yang mewakili produk usaha anda.

Sebagai catatan untuk ukuran gambar di facebook minimal 472 x 39 Pixel, lebih dari ukuran tersebut tidak masalah yang terpenting jangan sampai kurang.

Kemudian gunakanlah bahasa – bahasa yang sesuai dengan targer market anda.

Misalkan target market anda adalah orang yang berumur 50 tahun keatas,

maka jangan menggunakan bahasa yang biasa di pakai anak muda atau bahasa gaul dan lain sebaginya.

Jika anda ingin lebih mendalami membuat konten tulisan yang menarik dengan metode Copywriting silahkan baca, cara mudah membuat tulisan Copywriting.

5. Optimasi Website Untuk Facebook 

Website menjadi penting untuk menunjang keberhasilan facebook marketing anda.

Maka jika anda masih belum memiliki sebuah website silahkan anda segera membuatnya atau menghubungi Creator untuk memiliki sebuah website.

Mengapa website saya katakan penting, karena mau sebagus apapun konten anda di facebook tampilanya masih kurang maksimal apabila dibandingkan dengan website yang sudah benar benar disesuiakan.

website juga menjadi pendaratan terakhir sebelum calon konsumen menghubungi anda secara langsung, melalui chat atau yang lainya, jika konten marketing anda berupa link.

Karena untuk meningkatkan engagement sebuah website terbilang cukup besar ketika menggunakan facebook.

Poin kelima ini bisa anda skip apabila dalam waktu dekat masih belum bisa memiliki sebuah website, dalam artian tidak usah terlalu difikirkan.

yang terpenting memiliki website harus ada di planing anda untuk meningkatkan keberhasilan dan keberlangsungan bisnis anda.

6. Jadwalkan Memposting Konten

Jika anda sudah melakukan semua strategi dari awal, langkah selanjutnaya anda harus membuat jadwat rutinan untuk memposting konten anda.

Anda harus memiliki jadwal kapan harus memposting dan berapa kali jumlah postingan setiap harinya.

Terlalu sering membuat postingan sangat tidak di anjurkan karena berpotensi konten yang anda posting kurang berkualitas.

Lebih baik anda posting satu atau dua kali sehari yang penting konen tersebut berkualitas dan bisa membuat calon konsumen tertarik.

Akan tetapi jika anda terlalu lama membuat postingan engagement follower anda bisa berkurang secara drastis.

Walapun waktu audien berbeda beda saat mengakses internet atau facebook,

Sebuat situs website  menyatakan waktu yang paling ideal secara global dan biasa digunakan orang orang untuk mengakses internet adalah hari rabu pad pukul 09.00 – 15.00.

Anda bisa baca tulisan ini untuk mengetahui waktu yang tepat saat akan memposting sebuah konten marketing.

7. Bergabung Dalam Forum atau Group

Setelah anda beberapa hari membuat sebuah postingan, namun hasilnya tidak seperti yang diharapkan, disinilah sebuah forum mengambil peran.

Jadi sangat disarankan untuk bergabung dengan sebuah forum atau group yang sesuai dengan bisnis anda, dimana banyak orang sedang berkumpul.

Dengan catatan bukan berupa group spam.

Ciri ciri group yang bagus…

  • Sering terjadi tanya jawab
  • Setiap postingan banyak like, komen atau share
  • Postingan selalu berhubungan dengan group tersebut
  • Member selalu berbagi informasi berupa teks, gambar atau link

Walaupun sedikit membutuhkan waktu, karena beberap group yang bagus pasti tertutup jadi harus pintar pintar menyeleksi.

Kemudian setelah anda sudah diterima sebagai member, jangan langsung promosi dalam group tersebut atau anda akan ditendang keluar.

Langkah yang tepat awalio dengan berbagi informasi penting, atau berbagi panduan tertentu secar rutin,

barulah ketika sudah ada yang merespon sedikit demi sedikit perkenalkan halaman anda atau berbagi link melalui group tersebut, ajak mereka untuk mengunjungi halaman anda.

8. Bangun Komunikasi dengan Audiens

Berusahalah untuk membangun komunikasi yang baik dengan audiens, yang sudah mengunjungi halaman anda,

membuat konten yang berkualitas memang penting tapi berkomunikasi dengan audiens tidak kalah penting juga.

Artinya selain anda memikirkan konten yang berkualitas menjawab komentar pada setiap postingan anda atau pesan yang masuk melalui messenger juga sangat penting.

Sehingga akan tercipta komunikasi yang ideal antara anda dan pengunjung halaman facebook anda,

Dengan rutinya komunikasi yang terjalin baik di kolom komentar atau messenger secara dua arah nanti akan terbentuk sebuah engagement yang baik.

9. Menganalisa Strategi

Langkah yang selanjutnya adalah menganalisa seluruh hasil kinerja yang telah anda lakukan, selama beberapa hari atau minggu.

Untuk mengetahui postingan mana saja yang mendapatkan komentar, like atau share terbanyak.

Pastinya beberpa postingan akan ada yang mendapatkan banyak atau sedikit like, komen maupun share, yang tidak secara kebetulan anda dapatkan.

Melainkan karena postingan tersebut berkualitas sehingga mendapatkan banyak jumlah responden yang banyak

dan juga sebaliknya, jika postingan kurang berkualitas akan mendapaytkan sedikit jumlah responden.

Kalu di Facebook sendiri anda bisa memanfaatkan tool Facebook Analytics,

untuk memudahkan anda saat menganalisa semua konten marketing yang sudah anda posting,atau pada menu insight yang nantinya akan ditampilkan beberapa informasi seperti,

  • Hari follower online
  • Jam follower online
  • Postingan yang mendapatkan banyak reach dan engagement
  • postingan saingan anda yang mendapatkan engagement.

Setelah anda mendapatkani informasi tersebut langkah selanjutnya adalah menyusun konten yang lebih berkualitas dan disesuaikan dengan hasil analisa tersebut.

10. Optimasi Page dengan Search Engine

Langkah yang ke sepuluh ini seharusnya saya sampaikan di awal, namun saya sengaja taruh dbagian akhir karena anda harus sedikit mempelajari SEO (Search Engine Optimization)

Silahkan anda bisa baca atau pelajari di sini setelah selesai membaca tulisan ini.

SEO penting dilakukan agar halaman facebook anda bisa ditemukan oleh banyak orang pada kolom pencarian facebook.

Namun tidak perlu terlalu khawatir penerapan SEO pada facebokk tidak begitu rumit hanya butuh sedikit tips yang akan saya jelaskan di bawah ini.

Name Page

Usahakan nama page anda harus sama dengan brand yang sedang anda bangun,

Kalu brand anda berupa nama personal sebisa mungkin beri tambahan tipe bisnis anda.

Contoh bisnis anda adalah jasa “percetakan” dan nama anda “Hasan”, nama page anda bisa “Hasan Percetakan” atau “Hasan Digital Print” atau yang lain yang penting masih sesuai.

Dengan demikian pageand akan mendaptkan peringkat yang lebih tinggi dan berpotensi muncul pada halaman pencarian saat menuliskan jasa percetakan.

URL

Kemudian Url juga harus sesuai dengan nama brand anda,.

Apabila anda tidak bisa menggunakan nama brand,

anda bisa ditambahkan satu kata yang sesuai di belakang atau depan nama brand anda.

Atau bisa menggunakan kata kunci lokal,

seperti menambahkan kata lokasi atau daerah anda membangun bisnis anda, seprti “Hasankebumen”.

About

Halaman ini silahkan anda isikan informasi mengenai usaha anda secara lengkap dan mendetail dengan bahasa yang meanrik.

Sebagai catatan usahakan halaman About ini berisi.

  • Satu kata kunci yang anda incar
  • Tulisan harus mengundak klik, menarik.

Alamat dan Nomor Telepon

Alamat maupun nomor telepon wajib anda isi sesuai dengan tempat tinggal anda atau lokasi usaha anda.

Karena ini sangat berpengarus pada saat ada yang mencari menggunakan keyword lokal,

page anda bisa terdeteksi jika menambahkan alamat dan bisa menghubungi anda ketika tertarik dengan produk bisnis anda.

Sehingga page facebook anda akan mendapatkan peringkat yang tinggi.

Notes

Notes ini berguna jika anda ingin mendapatkan pengunjung dari pencarian google.

karena jika mengandalkan pencarian dari facebook anda hanya bisa mengincar satu kata kunci,

sedangkan untuk kata kunci yang lain anda bisa mengandalkan kolom Note ini.

Anda bisa menuliskan beberap artikel yang sesuai dengan bisnis anda untuk mendapatkan rangking tinggi dengan beberapa keyword.

11. Gunakan facebook Ads

Mau sehebat apapun konten yang anda buat akan kalah dengan mereka yang berani membayar untuk menempatkan konten di posisi atas,  facebook adalah bisnis.

Jadi jika anda sudah memiliki penghasilan yang lumayan jangan lupa untuk menyisihkan beberapa persen utuk baiaya promosi di Facebook Ads.

Namun saat anda mengiklan kualitas konten tetap harus terus di perhatikan karena akan mempengaruhi pengunjung nantinya.

Dengan Facebook Ads ini anda akan lebih mudah dalam menjangkau pelanggan anda dengan lebih tepat ke target market.

Terkait cara melakukan iklan di Facebook Ads anda bisa baca lebih lengkap di sini.

12. Lakukan Soft Sell bukan Hard Sell

Strategi yang terakhir ini berkaitan dengan konten yang akan anda posting pada halaman page anda.

Baik berupa tulisan, gambar tau Video harus menggunakan Soft Selling, karena rata rata pengguna facebook bukan mau membeli sesuatu.

Berbeda ketika mereka mengunjungi sebuah situs toko online pasti mereka oingin membeli sesuatu.

Jadi gunakanlah metode softselling seperti dengan membagikan, konten panduan,ebook, maupun kupon diskon dan lainsebagainya.

Akan tetapi mereka harus membayar semua dengan nomor hp atau email mereka, yang bisa anda hubungi atau ditawari produk anda suatu saat.

kesimpulan

Demikan tadi beberapa hal yang harus anda ketahui ketika ingin mempelajari facebook marketing,

Semua sudah saya paparkan dan semoga anda menjadi lebih faham,

Anda bisa praktikan secara langsung mulai dari sekarang agar anda merasakan manfaatnya.

Dan perlu diperhatikan kembali,

  • Facebook adalah sosial media jadi anda harus bersosialisasi
  • Jangan pernah melakukan hard selling
  • Pelajari Copywriting
  • Segera miliki website untuk keberlangsungan bisnis anda.

Baiklah hanya itu yang bisa saya sampaikan, terimaksih dan selamat mencoba.

Salam Sukses.

Baca Juga : Tips Sukses Membangun Bisnis Rumahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *