Jenis-Jenis Bisnis Online Yang Paling Populer

bisnis online yang populer

Anda ingin memulai bisnis online? saya sarankan kenali dulu jenis jenis bisnis online yang di minati banyak orang, dengan cara membaca artikel ini sampai selesai.

Sebagian orang mengira mencari uang itu susah, memang susah jika mereka tidak mau bergerak dan berusaha melainkan hanya diam menunggu keajaiban datang.

Padahal sadar atau tidak sadar banyak hal yang bisa mereka lakukan untuk bisa mendapatkan uang bagi siapapun yang belum memiliki pekerjaan maupun mereka yang ingin memiliki penghasilan tambahan diluar gaji pokok bagi yang sudah bekerja.

Pada era yang serba digital ini, semua hal yang dulunya susah untuk di kerjakan sekarang menjadi lebih mudah, karena di dukung dengan adanya Internet.

Contohnya dulu mungkin ketika anda mengimkan surat butuh berminggu minggu untuk sampai ke tujuan.

Sekarang anda hanya perlu ketik di samartphone tekan enter dan kurang dari tiga detik sudah sampai ke tujuan.

Segala pekerjaan atau kegiata yang dulu sifatnya harus bertatap muka seperti sekolah, rapat, bekerja kantoran, sekarang bisa di lakuna secara online atau virtual menggunakan layanan internet.

Dari situ munculah sebuah model atau jenis bisnis yang bisa di kerjakan kapanpun dan dimanapun (Bisnis Online), selama ada jaringan internet.

Banyaknya model bisnis online memberikan peluang bagi siapa saja yang ingin terjun di dunia bisnis.

karena bisnis online terbilang cukup simpel  dan mudah dikerjakann walapun bagi seorang pemula sekalipun.

Menjadikan bisnia online saat ini sangat ramai diminati oleh berbagai lapisan masyarakat seperti pelajar, mahasiswa, PNS, artis bahkan ibu rumah tangga.

Baiklah kali ini saya akan memebetri tahu apa saja jenis bisnis online yang paling populer dan terbukti menghasilkan, sebagai berikut :

1. Jualan Produk Atau Jasa Secara Online

Berjualan adalah cara paling ampuh untuk bisa mendapatkan uang baik itu produk maupun layanan jasa.

Dengan adanya internet, sekarang berjualan bisa di lakukan secara online tanpa harus bertemu antara penjual dan pembeli.

Jenis bisnis Online yang pertama ini adalah yang paling populer di Indonesia dan banyak di minati oleh banyak orang karena terkesan paling mudah dijalankan dan jangkauan pasarnya yang lebih luas karena di lakukan secara online.

Di indonesia ada banyak perusahaan marketplace untuk yang mendukung siapapun untuk berjualan secara online seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada, olx, shoppe dan lain sebagainya

Dengan berbagai fitur yang di berikan pihak marketplace sangat memudahkan penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi secara online.

Selain melalui marketplace bisa juga melalui media sosial seperti facebook, Instagram, Twitter maupun Whatsapp.

Bagi anda yang belum memiliki produk untuk di jual tidak perlu khawatir, Anda bisa join menjadi reseller ke toko online yang sudah memiliki stok banyak, dengan cara membeli produk mereka dengan harga yang lebih murah kemudian di jual kembali dengan harga yang lebih tinggi.

Selain reseller menjadi dropsipper adalah peluang yang wajib dicoba jika anda masih belum memiliki modal untuk membeli produk jualan.

Sistemnya anda hanya perlu menjualkan produk orang lain tanpa harus membeli terlebih dulu, dan akan mendapatkan komisi dari pemilik produk setelah produk tersebut laku. ya kasaranya upah karena telah membantu menjualkan produk orang.

2. Menjadi Publiser Iklan

Mendengar kata iklan mungkin tsudah tidak asing lagi, anda pastinya sering menjumpai berbagai macam jenis iklan di tempat tempat yang ramai.

Seperti di pasar, lampu merah, tempat wisata atau ketika ada even tertentu, di situ pasti ada banner, baliho, bendera yang berisi gambar atau logo suatu produk tertertu

Atau mungkin seringkali kita jumpai juga di TV, radio, youtube, Instagram, facebook, maupun aplikasi yang ada di smartphone kita.

Semua itu adalah bisnis yang dikerjakan oleh dua pihak, yaitu antara pihak pengiklan ( orang yang memiliki produk untuk di iklankan ) dan pihak penerima iklan ( orang yang mempublikasikan iklan ).

Model bisnis online menjadi publisher iklan bisa anda lakukan. Tapi bukan melalui TV maupun reklame di pinggir jalan, karena membutuhkan modal yang besar.

Namun anda bisa menjadi publisher iklan online seperti yang biasa anda jumpai di suatu situs website maupun viidio di youtube. dengan mengandalkan adsense ataupun yang lainya.

Jadi konsep sederhnaya anda hanya perlu membuat sebuah blog atau websit, kemudia buatlah konten tulisan yang menarik secara kontinue yang berkualitas.

Kemuadian share konten yang anda buat tersebut kemudian setelah trafik website anda ramai, daftarkan website atau blog ke google adsense.

Perlu diingat sebelum mendaftarkan blog ke google adsense ada hal yang harus di perhatikan, untuk memperkecil blog anda di tolak, baca syarat mendaftarkan blog ke google adsense.

Setelah website anda diterima oleh google adsense, website anda sudah bisa menampilkan iklan dan meghasilkan uang.

Di youtube pun juga sama perbedaanya konten youtube itu berupa vidio bukan tulisan.

Jika anda hendak membuat website dan belum begitu memahami tentang website saya sarankan baca jenis jenis website untuk menambah wawasan anda tentang website.

3. Affiliate Marketing

Jenis bisnis online yang satu ini hampir sama dengan dropshipper, sama sama menjualkan produk orang lain tanpa harus membeli terlebih dahulu.

Hal yang membedakan kalau dropshipper proses penjualanya lebih ribet, karena anda harus menghubungi suplier ketika ada konsumen yang ingin membeli produknya.

Atau ketika ada konsumen yang menayakan terkait produk yang di jual namun anda tidak faham sehingga harus bolak balik menghubugi suplier.

Berbeda dengan affiliate marketing, anda hanya perlu membagikan sebuah link yang mengarahkan ke produk orang lain, ketika terjadi transaksi pembelian melalui link yang tersebut, anda akan mendapatkan komisi.

Komisi tersebut otomatis akan masuk ke rekening atau akun tabungan online anda

Anda bisa membuat tulisan atau konten vidio yang menarik terkait link produk yang anda baginkan dengan tujuan untuk menjadikan orang orang berminat membuka link tersebut dan membeli produknya.

Cara ini juga sering di lakukan oleh para bloger yang sudah memiliki trafic banyak ataupun mereka yang memiliki banyak follower baik di fanspage, instagram atau twitter

Jadi intinya anda hanya perlu merekomendasikan produk orang lain untuk membeli melaui link khusus affiliate yang anda miliki.

Banyak sekali brand brand besar yang menerapkan marketing jenis ini, seperti Tokopedia, Lazada, Amazon, Alibaba dan masih banyak lagi.

Berminat menjalani bisnis jenis ini baca Panduan Menjadi Affiliate Marketing.

4. Membuat Layanan Berlangganan

Ketika anda memiliki sebuah bisnis dan mempunyai sebuah produk maupun layanan jasa sebisa mungkin harus memberikan service sebaik mungkin kepada konsumen.

Hal itu akan menjadikan konsumen anda nyaman dan ketika mereka menginginkan suatu produk pasti mereka akan kembali kepada anda, untuk memebeli atau menggunakan layanan anda.

Model bisnis online berlanggana ini sangat bergantung terhadap kulitas produk maupun layanan dan service yang di berikan oleh pemilik usaha.

Bisnis jenis ini bisa anda terapkan jika memiliki sebuah produk yang sifatnya berlangaanan baik harian, mingguan maupun bulanan.

Sehingga anda akan mendapatkan pemasukan ketika konsumen anda melakuakan pembayaran, sesuai jangka waktu yang anda tentukan.

Banyak sekali model bisnis berlangganan seperti ini, contohnya Netflix untuk berlangganan menonton film, ada juga spotify untuk berlanggana mendengarkan music, ataupun scopp  starup yang menyediakan majalah untuk konsumen yang mau membayar setiap bulanya.

Di sisni jika anda memliki produk yang kreatif dan menarik, entah tulisan, video, maupun produk habis pakai seperti kosmetik anda bisa menjual produk anda dengan model berlanggana seperti ini.

5. Model Bisnis On-Demand

Meninggatnya jumlah pengguna internet menjadikan model bisnis jenis ini melejit dan selalu mengalami peningkatan setiap tahunya.

On-demand adalah model bisnis online berdasarkan sistem pelayanan yang di dasarkan dari permintaan konsumen.

Ketika ada konsumen yang membutuhkan suatu layanan maka pihak penyedia layanan akan langsung merespon dengan cepat.

Kalau di Indonesia starup dengan model On-demand Go-jek atau Grab yang bergerak di bidang jasa transportasi.

Terus ada traveloka maupun tiket.com terus mr.aladin yang fokusnya kepada pemesanan tiket transportasi umum, boking tiket pesawat maupun hotel.

Ada juga yang bergerak dibidang delivery (Jasa Pengiriman) seperti JNE dan J&T yang fokus pada jasa pengiriman barang jarak jauh ataupun Go-Food yang beroprasi pada jasa pengiriman makanan di bawah naungan Go-Jek.

Konsumen akan lebih mudah menemukan layanan yang mereka butuhkan, karena mereka bisa menjangkaunya dengan cara menghubungi pihak penyedia layanan melalui aplikasi yang mereka instal atau melalu website resmi perusahaan.

Jika anda tertarik untuk mengembangkan bisnis model seperti ini anda bisa baca artikel mengenai hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisins dengan model on-demand.

Sehingga anda akan lebih mudah dalam menjalankan bisnis tersebut nantinya.

6. Model Freemium

Model bisnis online yang berasal dari gabungan dua kata Free dan Premium juga sangat marak di indonesia.

Bisnis jenis ini banyak di sukai oleh berbagai starup di berbagai bidang, karena menggunakan sistem yang terbilang simpel sehingga menjadikan daya tarisk tersendiri.

Jadi perusahhaan akan memberikan suatu layanan terhadap konsumenya, secara gratis dan cuma-cuma.

Namun fitur yang didapatkan oleh konsumen bersifat dasar dan terbatas.

Ketika konsumen ingin meningkatkan fitur menjadi premium, konsumen di tuntut untuk membayar kepada perusahhan tersebut.

Menurut Chris Anderson model bisnis online On-Demand memiliki beberapa ciri :

  • Dibatasi oleh fitur
  • Dibatasi oleh waktu
  • Dibatasi oleh kapasitas
  • Dibatasi oleh jumlah kursi
  • Dibatasi menurut kelas pelanggan.

Bisnis jenis ini biasanya anda sering ditemui pada sebuah game lokal, ketika ingin melanjutkan level yang lebih tinggi konsumen harus upgrade ke fitur premium, maupun aplikasi tertentu.

Atau okcupid.com sebuah situs untuk memfasilitasi siapa saja yang ingin melakukan kencan secara online.

7. Menjual Barang Customized

Berjualan barang custom menjadi trend bisnis di Indonesia karena terbilang memuaskan terhadap konsumen.

konsumen bisa membeli barang barang tersebut sesuai dengan keinginan konsumen baik model barang, gambar maupun tulisan sesuai dengan keinginan konsumen.

Biasanya produk yang di jual secara custom yang paling sering kita jumpai adalah kaos maupu jaket dengan desain custom.

Jadi konsumen membeli kaos namun desain gambar atau tulisan pada kaos tersebut sesuai selera konsumen.

Selain kaos ada bingkai foto maupun berbagai macam hiasan tulisan dinding yang bisa dipesan secara custom, bisa juga cassing atau silicon pada handphone.

Mungkin cukup segini  saja yang bisa saya sampaikan mengenai berbagai jenis bisnis online yang sedang populer di dunia maupun di indonesia.

Dari kesemuanya jenis bisnis online di atas pastinya memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri, yang terpenting jika anda berminat menekuni bisnis online segeralah mulai sesuai selera dan kemapuan lalu tekuni.

Karena semua usaha atau bisnis tidak akan mengasilkan ketika hanya di pikirkan bukan di kerjakan.

Saran dari saya mungkin anda bisa memilih model bisnis nomor dua atau tiga karena terbilang mudah di kerjakan dan hapir tak membutuhkan modal ( Modal sedikit )

Anda hanya perlu memulai dari membuat website.

Terima kasih telah memebaca tulisan ini semoga bermanfaat.

Baca juga : Penyebab Kegagalan Dalam Berbisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 views